Tips Rafting Bagi Pemula, Persiapan & Perlengkapan Sebelum Rafting

Rafting Elo River
Banyak orang yang ragu untuk melakukan aktivitas Rafting Jogja Murah, karena merasa tidak dapat berenang atau takut terbawa arus sungai. Lalu yang menjadi pertanyaan, apakah untuk dapat mengikuti aktivitas Rafting Elo River harus dapat berenang? Jawabanya tidak harus dapat berenang untuk dapat ikut aktivitas Arung Jeram di Jogja. Kenyataanya banyak peserta Rafting Elo River tidak dapat berenang namun tetap ikut dalam aktivitas olah raga air Rafting di Jogja.

Untuk Anda yang baru pertama kali akan melakukan aktivitas Rafting Murah di Jogja tentunya harus mengetahui gambaran medan seperti apa yang akan dilalui, berikut beberapa informasi yang akan berguna untuk Anda yang akan melakukan aktivitas Rafting Sungai Elo untuk pertama kali:

Pilih Sungai Sesuai Kriteria
Ada 3 lokasi Arung Jeram yang menantang Anda
- Sungai Elo
- Sungai Progo
- Sungai Serayu

Bagi Anda yang pertama kali akan melakukan Rafting Jogja, kami merekomendasikan untuk Rafting di Sungai Elo karena sungai elo aliran airnya cenderung stabil dan bisa untuk kegiatan rafting sepanjang tahun, selain itu Sungai Elo Grade II/III yang safety untuk pemula, anak-anak maupun orang tua sehingga keamanan terjamin namun tetap seru

Perhatikan Kondisi Fisik Anda

Jika anda ingin melakukan aktifitas rafting di jogja, sebaiknya pastikan diri anda dalam keadaan yang sehat. Jika anda memaksakan ikut aktivitas rafting dengan kondisi stamina dan kesehatan menurun, akan membuat aktivitas rafting menjadi tidak menyenangkan dan cenderung membahayakan. Arung jeram di Jogja walaupun bersifat rekreasi tapi aktivitas ini masih tetap dalam kategori olahraga. Pemanasan tubuh sebelum melakukan aktivitas arung jeram di jogja, sangat penting agar tubuh anda pada saat mendayung tidak kram.


Gunakan Pakaian Yang Tidak Menyerap Air

Apabila saat rafting anda menggunakan pakaian yang mudah menyerap air, maka anda akan mengalami penurunan suhu tubuh. Penurunan suhu tubuh akan sangat cepat menguras stamina saat rafting. Selain itu pergunakanlah celana pendek dan untuk alas kaki, gunakan sepatu olah raga atau sandal gunung bukan sandal jepit.



Perlengkapan Rafting

Sebelum mulai melakukan Rafting, Anda WAJIB mengetahui peralatan yang akan digunakan serta mengetahui kegunaannya. Sebelum Rafting Leader River Guide akan memberikan briefing sebelum melakukan aktivitas Rafting. Peralatan wajib rafting antara lain:

  • Safety Helmet
  • Life Jacket/Float/Pelampung
  • Paddle/Dayung
  • Boat/Perahu
  • Safety Kit


Selalu Ikuti Arahan River Guide

Pada saat anda berarung jeram, duduklah di pinggir perahu karet jangan duduk ditengah atau didasar perahu karet. Dengan anda duduk di pinggir perahu karet akan memudahkan anda dalam menjaga keseimbangan tubuh. Posisi duduk biasanya akan diatur oleh pemandu yang akan disesuaikan dengan berat badan. Sebelum rafting dimulai, instruktur akan memberikan breafing atau arahan yang mesti seluruh peserta perhatikan. Arahan tersebut meliputi berbagai hal teknis dari awal hingga antisipasi terjadi hal-hal tak diinginkan selama rafting. Sebaiknya tidak mengabaikan hal-hal yang disampaikan oleh instruktur demi keselamatan dan kenyamanan bersama.