Sebelum Ber-Adventure Arung Jeram Jogja, Perhatikan Tips Berikut Ini

Rafting Jogja Murah
Rafting atau Arung Jeram sebagai olah raga kelompok, sangat mengandalkan pada kekompakan tim secara keseluruhan. Kerja sama yang terpadu dan pengertian yang mendalam antar awak perahu, dapat dikatakan sebagai faktor utama yang menunjang keberhasilan melewati berbagai hambatan di sungai. Tak dapat dibantah bahwa Arung Jeram Jogja merupakan olah raga yang penuh resiko (high risk sport). Namun demikian, setiap orang mampu melakukannya, asalkan dia dalam kondisi “baik”, baik dalam arti pemahaman teknis, kemampuan membaca medan secara kognitif, dan sehat fisik dan mental. Seorang pemandu arung jeram (skipper/river guide) yang telah berpengalaman akan berusaha untuk meminimalisasi resiko dan bahaya. Bahkan secara statistik, anda akan lebih aman mengikuti kegiatan arung jeram dibandingkan dengan berkendara didalam kota. Seorang pegawai pemerintahan di Amerika mengutarakan pada suatu penelitian, bahwa angka kecelakaan untuk kegiatan arung jeram masih jauh dibawah olahraga sepak bola! Namun tentu saja masih ada resiko dan anda harus menerima resiko tersebut saat berada di sungai.

Yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Melakukan Aktivitas Arung Jeram

Sebelum melaksanakan aktivitas rafting atau arung jeram Anda harus memperhatikan pakaian yang akan dikenakan. Hal ini tergantung pada kondisi saat berlangsungnya kegiatan, yaitu suhu air dan cuaca. pada Cuaca yang panas dengan suhu air yang dingin, disarankan untuk mengenakan wet suit. Pada cuaca yang dingin dan suhu air yang dingin, serta pada sungai class V, kenakan wet suit yang dikombinasi dengan jaket yang khusus untuk kegiatan arung jeram. Dianjurkan pula untuk mengenakan pakaian dari bahan synthetic fleece, polypro, capilene atau wool pada bagian dalamnya. Jangan mengenakan pakaian dari bahan katun karena akan membuat anda kedinginan.

Pada cuaca yang hangat dan suhu air yang tidak terlalu dingin, sebaiknya kenakan pakaian olahraga dan T-Shirt. Jangan lupa untuk memakai sunscreen, tetapi jangan gunakan dikening karena saat terkena air akan berbahaya bila terkena mata anda, atau menggunakannya pada kaki bagian belakang, hal ini dapat menyebabkan anda terpeleset. Kenakan pula sepatu olahraga atau sepatu jogging, atau bila anda memiliki sepatu khusus untuk kegiatanarung jeramakan lebih baik lagi. Tidak dianjurkan mengenakan sandal, karena tidak memberikan banyak proteksi bahkan sedikit menyulitkan bila dipakai berenang. Untuk anda yang berkacamata, disarankan untuk memberikan pengait/tali pada kacamata anda agar tidak mudah terlepas.